Teknik Telekomunikasi dan Navigasi Udara (TNU)

Teknik Telekomunikasi dan Navigasi Udara (TNU) tersedia dalam jenjang Diploma III (D3) di sekolah-sekolah penerbangan. Pada prodi ini akan dipelajari tentang bagaimana memelihara, mengoperasikan, menganalisa gangguan dan kerusakan, serta memperbaiki peralatan telekomunikasi dan navigasi udara seperti radar, Doppler VHF Omni-directional Range (DVOR), Non Directional Beacon (NDB), Instrument Landing System (ILS), dan sebagainya. Banyak yang salah kaprah dan mengira kalau lulusan Teknik Telekomunikasi dan Navigasi Udara akan menjadi Air Traffic Controller. Jangan sampai keliru, untuk menjadi Air Traffic Controller (ATC) kamu harus mengambil program studi Lalu Lintas Udara (LLU), sementara jika kamu mengambil prodi TNU akan menjadi personil penerbangan di bidang elektronika navigasi Udara.

VISI

MEWUJUDKAN PROGRAM STUDI YANG BERMUTU DAN UNGGUL BERSTANDAR NASIONAL MAUPUN INTERNASIONAL DAN MENGHASILKAN LULUSAN YANG BERKOMPETEN DIBIDANG TEKNIK NAVIGASI UDARA 

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan dalam rangka menghasilkan lulusan di bidang Teknik Navigasi Udara dengan mengikuti perkembangan teknologi.
  2. Melaksanakan penelitian teknologi terapan di bidang Teknik Navigasi Udara yang dapat memberikan kontribusi aktif dan responsif untuk menyelesaikan tantangan dan kebutuhan masyarakat sekarang dan masa datang.
  3. Menyelenggarakan pengabdian pada masyarakat di bidang Teknik Navigasi Udara sebagai bentuk tanggung jawab dan peran serta civitas akademika dalam lingkungan sosial dan masyarakat.
  4. Meningkatkan kompetensi di bidang Teknik Navigasi Udara sebagai bentuk profesionalisme dengan mengoptimalkan peran serta dan kerjasama baik secara nasional maupun internasional dengan segenap pemangku kepentingan di bidang penerbangan.