Teknik Listrik Bandara (TLB)

Teknik Listrik Bandara (TLB) bisa di bilang sebagai Teknik Elektro-nya bidang Penerbangan. Program studi Diploma III Teknik Listrik Bandara mempelajari tentang kelistrikan bandara yang mencakup penerangan bandara serta sistem kelistrikan di sisi udara (air side) yang disebut dengan Air Field Lighting. Sistem kelistrikan di bandara dengan rumah atau bangunan-bangunan lainnya sudah pasti berbeda. Disini kita akan mendapatkan pengetahuan tentang seberapa besar daya listrik yang di butuhkan oleh suatu bandara untuk mengoperasikan seluruh peralatan yang menunjang aktifitas bandara. Selain itu akan diajarkan juga bagaimana pengoperasian dan pemeliharaan kelistrikan bandara, serta menganalisis permasalahan pada sistem kelistrikan bandara dan melakukan perbaikan. Namun ilmu yang di dapat tidak cuma sebatas pengetahuan kelistrikan bandara saja, tapi lebih luas pada pengetahuan instalasi, motor, dan generator.

VISI

MENGHASILKAN LULUSAN YANG KOMPETEN DI BIDANG TEKNIK LISTRIK BANDAR UDARA DENGAN STANDART NASIONAL DAN INTERNASIONAL.

Adapun makna dari visi program studi ini :

Kompeten :

Mampu meguasai bidang ilmu yang disandang dan mampu mengimplementasikannya pada bidang kerja, dalam hal ini Lulusan Teknik Listrik Bandara Poltekbang Medan mampu bersaing di kancah Nasional dan Internasional, hal ini dibuktikan dengan 100% lulusan Poltekbang Medan langsung di pekerjakan dan ditampung stakeholder.

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan melalui proses belajar mengajar yang efektif dalam bidang Teknik Listrik Bandar Udara yang mengikuti perkembangan teknologi.
  2. Melaksanakan penelitian teknologi terapan di bidang Teknik Listrik Bandar Udara yang responsif dalam menjawab tantangan dan kebutuhan stakeholder.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat di bidang Teknik Listrik Bandar Udara sebagai bentuk tanggung jawab dan peran serta civitas akademika dalam lingkungan sosial dan kemasyarakatan.
  4. Meningkatkan profesionalisme dan kompetensi di bidang Teknik Listrik Bandar Udara untuk merespon dan mengantisipasi perkembangan pelayanan sekarang dan masa akan datang dengan mengoptimalkan peran serta dan kerjasama baik secara nasional maupun internasional dengan segenap pemangku kepentingan di bidang penerbangan.