Pemandu Lalu Lintas Udara (PLLU)

Pemandu Lalu Lintas Udara (PLLU) (bahasa Inggris: Air Traffic Controller, ATC) adalah profesi yang memberikan layanan pengaturan lalu lintas di udara terutama pesawat udara untuk mencegah antarpesawat terlalu dekat satu sama lain, mencegah tabrakan antarpesawat udara dan pesawat udara dengan rintangan yang ada di sekitarnya selama beroperasi. ATC atau yang disebut dengan Air Traffic Controller juga berperan dalam pengaturan kelancaran arus lalu lintas, membantu pilot dalam mengendalikan keadaan darurat, memberikan informasi yang dibutuhkan pilot (seperti informasi cuaca, informasi navigasi penerbangan, dan informasi lalu lintas udara). ATC adalah rekan terdekat pilot selama di udara, peran ATC sangat besar dalam tercapainya tujuan penerbangan. Semua aktivitas pesawat di dalam Manoeuvring Area diharuskan mendapat mandat terlebih dahulu dari ATC, yang kemudian ATC akan memberikan informasi, instruksi, clearance/mandat kepada pilot sehingga tercapai tujuan keselamatan penerbangan, semua komunikasi itu dilakukan dengan peralatan yang sesuai dan memenuhi aturan. ATC merupakan salah satu media strategis untuk menjaga kedaulatan suatu wilayah/suatu negara.

VISI

MEWUJUDKAN PROGRAM STUDI YANG UNGGUL BERSTANDAR NASIONAL DAN INTERNASIONAL DAN MENGHASILKAN LULUSAN YANG BERKOMPETEN DI BIDANG PEMANDUAN LALU LINTAS UDARA

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan dalam bidang Pemanduan Lalu Lintas Udara dengan mengikuti perkembangan teknologi.
  2. Melakukan penelitian teknologi terapan di bidang Pemanduan Lalu Lintas Udara yang responsif untuk menyelesaikan tantangan dan kebutuhan masyarakat sekarang dan masa datang.
  3. Menyelenggarakan pengabdian pada masyarakat di bidang Pemanduan Lalu Lintas Udara sebagai bentuk tanggung jawab dan peran serta civitas akademika dalam lingkungan sosial dan kemasyarakatan.
  4. Meningkatkan kompetensi di bidang Pemanduan Lalu Lintas Udara sebagai bentuk profesionalisme dengan mengoptimalkan peran serta dan kerjasama baik secara nasional maupun internasional dengan segenap pemangku kepentingan di bidang penerbangan.