Wisuda 129 Perwira Transportasi Udara Politeknik Penerbangan Medan Tahun 2020

Sebanyak ‎129 perwira transportasi Diploma III mengikuti wisuda, yang digelar oleh Politeknik Penerbangan (Poltekbang) Medan dan berlangsung di Lapangan Dirgantara Poltekbang Medan, Senin (31/9). Pelantikan taruna-taruni tersebut, dengan menerapkan protokol kesehatan.

‎Wisuda ini, diikuti dari taruna-taruni lulusan Program Diploma III Teknik Listrik Bandar Udara (TLB) angkatan XI dan XII. Kemudian, Program Diploma III Teknik Navigasi Udara (TNU) Angkatan XIII, XIV dan Angkatan XV dan Program Diploma III Pemanduan Lalu Lintas Udara (PLLU) Angkatan XVI.

Dalam pelantikan taruna-taruni yang siap mengabdi kepada negara dihadiri langsung ‎oleh Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDM) Kementerian Perhubungan, Ir. Sugihardjo, M. Si. Sementara orang tua para taruna hanya bisa menyaksikan proses pelantikan melalui kanal youtube Poltekbang Medan.

Kepala BPSDM Perhubungan, Ir. Sugihardjo M. Si, dalam sambutannya, berpesan kepada taruna-taruni yang dilantik untuk mampu menjadi generasi dengan pribadi yang berani, unggul, profesional dan berakhlak.

“Memiliki kompetensi yang luas dalam memahami permasalahan kerja di bidang transportasi udara khususnya bidang Pemanduan Lalu Lintas Udara, Teknik Listrik Bandara dan Teknik Telekomunikasi & Navigasi Udara. Memiliki sikap profesional dan mental yang tangguh dengan berdasarkan nilai-nilai budaya bangsa Indonesia yang Pancasilais, sehingga mampu berkontribusi bagi bangsa Indonesia yang maju,” jelas Sugihardjo.

Sugiharjo menjelaskan tantangan yang dihadapi saat ini lebih berat dibandingkan dengan 5 hingga 10 tahun yang lalu. Karena pekerjaan di bidang transportasi ini banyak berkaitan dengan layanan masyarakat.

“Saat ini sudah memasuki era revolusi 4.0 menggantikan era industri 3.0. Untuk menghadapi era 4.0 ini kita harus memperkuat literasi lama dengan literasi baru yaitu data Literation, Technology Literation dan Human Literation,” tuturnya.

Sementara itu, Direktur Poltekbang Medan, M Andra Adityawarman, S.T. M.T dalam laporan pendidikannya menyebutkan ke 129 taruna-taruni telah menempuh masa pendidikan selama tiga tahun sejak 11 September 2017 hingga 1 Mei 2020.

Dengan menghasilkan tiga taruna taruni yang memiliki nilai terbaik. Ketiganya adalah Evaline Theresia Sihotang dari Prodi D.III Teknik Telekomunikasi dan Navigasi Udara dengan IPK 3.53, kemudian Recka Rotua Siagian dari Prodi D.III Teknik Listrik Bandar Udara dengan IPK 3.52 dan terakhir Moga Alpindo Ginting dari Prodi D.III Pemanduan Lalu Lintas Udara dengan IPK 3.45.

Rasa haru datang ketika salah satu taruni menyanyikan lagu Anaku Narborju yang artinnya pesan dari orang tua kepada anaknya untuk menjadi anak yang baik dan saling tolong menolong.

Politeknik Penerbangan merupakan lembaga pendidikan vokasi di bawah Kementerian Perhubungan yang menghasilkan lulusan-lulusan yang mumpuni yang akan bekerja di transposrtasi udara.